Monday 27 November 2017

Ketan Mangga (Mango sticky rice)



Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Sekarang sedang musim mangga, buah mangga banyak di jual dimana mana. Pohon mangga yang ada di halaman depan rumah juga sedang berbuah. Tidak begitu lebat tapi buahnya besar besar, ada yang beratnya mencapai sekilo per buah. Buah yang matang di pohon sangat manis rasanya dengan warna oranye yang cantik.
Buah mangga tanaman sendiri ini biasanya dimakan begitu saja sebagai buah segar ataupun di bikin rujak untuk buah yang belum matang.

Salah seorang anakku ada yang minta dibuatkan ketan mangga. Makanya hari ini makanan ini ada di rumah kami. Ketannya dimasak sampai lembut karena selera di rumah memang seperti itu. Jenis beras ketan berbeda beda ada yang perlu sedikit air atau pun lebih banyak air, jadi disesuaikan dengan jenis beras ketan dan juga selera kita masing masing.

Bahan:
1.350 gr beras ketan putih
2. 350 ml santan
3. 1 helai daun pandan
4. 1/2 sdt garam
5. 1 kg mangga masak dan manis (aku pakai mangga indramayu), kupas lalu potong kotak

Bahan Vla:
1. 250 ml santan kelapa
2. 3 sdm susu kental manis putih
3. 1/2 sdt garam
4. 2 sdt tepung maizena, cairkan dengan 1 sdm air
5. 1 lembar daun pandan

Cara membuat:
1. Cuci beras ketan, tiriskan, lalu kukus sebentar sampai beras ketannya panas
2. Sambil mengukus masak santan, garam dan daun pandan sampai mendidih kemudian aduk dengan ketan panas yang dikukus tadi, lalu kukus kembali sampai matang

Membuat vla
Masak semua bahan kecuali maizena sampai mendidih lalu tambahkan maizena yang dicairkan tadi, masak terus sampai meletup letup, matikan kompor , dinginkan

Penyajian:
1. Masukkan ketan kedalam wadah saji beri vla dan potongan mangga
2. Sajikan

No comments:

Post a Comment