Monday 13 November 2017

Bolu Pandan Keju


Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Kemarin pagi hari minggu bersih bersih rumah. Di salah satu sudut di belakang rumah, serumpun tanaman pandan wangi tumbuh subur walaupun ditanam di pot. Sebagian daun daunnya dipangkas supaya tak terlalu rimbun. Sayang rasanya dibuang, maka sebagian daun pandan yang berwarna hijau tua itu kuhaluskan pakai blender dan diambil sarinya segelas. Setelah didiamkan beberapa saat zat hijau daunnya mengendap di dasar gelas, proses selengkapnya membuat sari pandan bisa dilihat  disini  . Pilihan jatuh ke bolu pandan untuk memanfaatkan sari pandan itu, kebayang deh bolu hijau dengan aroma santan bercampur wangi pandan, hmm... yummy.


Bolu pandan atau cake pandan sebenarnya adalah cake biasa, tapi lemak yang digunakan adalah santan kelapa, tapi untuk kali ini ditambahkan minyak goreng 2 sendok makan atau 30 ml, karena santannya tidak terlalu kental.
Setelah matang bolu pandan sudah bisa dinikmati tanpa toping. Tapi karena anak anak suka keju maka diberi keju diatasnya setelah sebelumnya diolesi dulu dengan butter cream (  Resep buttercream ). Kalau tidak ada butter cream ganti dengan campuran margarin dan gula halus saja sudah cukup.

Bahan:
1. 4 butir telur
2. 200 gr gula
3. 250 gr tepung terigu
4. 140 ml santan
5. 2 sdm minyak goreng
6. 3 sdm sari pandan
7. 1/2 sdt garam
8. 1 - 2 tetes pewarna makanan hijau jika diperlukan
9. Buttercream secukupnya
10. Keju cheddar parut secukupnya

Cara membuat:
1. Kocok telur dan gula dengan mixer berkecepatan tinggi sampai kental dan mengembang
2. Tambahkan tepung terigu sedikit sedikit bergantian dengan santan minyak dan sari pandan, lalu garam dan pewarna hijau, aduk balik sampai rata
3. Tuang adonan kedalam loyang yang sudah diolesi margarin dan ditaburi sedikit tepung terigu
4. Panggang selama kurang lebih 45 menit sampai matang, aku pakai baking pan dengan api sedang
5. Setelah dikeluarkan dari cetakan bolu pandan sudah bisa dinikmati
6. Jika diberi toping keju, setelah dingin permukaan bolu diolesi dengan buttercream lalu ditaburi keju parut, potong potong lalu sajikan


No comments:

Post a Comment