Saturday 14 March 2015

Ikan Goreng Asam Manis

Bismillahirrohmannirrohim.
Assalamualaikum wr wb 
Alhamdulillah!! Akhirnya bisa ngeblog lagi setelah vakum hampir 6 tahun lamanya. Penyebabnya  kesibukan yang menyita waktu saya. Waktu itu pindah rumah, kehamilan yang berat, ngurusin anak, dll. Alhamdulillah anak saya nambah 2 orang, jadi semua 4 orang, 1 perempuan dan 3 laki-laki. Si bungsu akan 2 tahun  pada akhir bulan ini.
Kali ini saya  mau posting masakan ikan goreng saus asam manis.  Ini adalah request si kakak, anak ke 2 yang laki. 
Saat kecil dulu ibu saya sering menggunakan ikan kuwe yang besar. Sekarang ini susah dapat ikan kuwe, jadinya saya pakai ikan gurami atau mujair yang besar. Untuk kakak kali ini tidak pake ikan gurami tapi ikan mujair. Berikut resepnya.

Ikan Goreng Saus Asam Manis 
Bahan:
1. Ikan mujair, dibersihkan
2. 2 batang Wortel diserut kasar atau potong bentuk korek api
3. 1 buah bawang bombai diiris
4. 2 siung bawang putih
5. 2 cabai merah buang bijinya
6. 4 buah tomat yang sedang besarnya blender dengan 1 1/2 gelas air
7. 2 sendok makan tepung maizena dicairkan dengan air 3 sendok makan
8. Garam dan gula secukupnya  saya pake 1 1/2sdt garam dan  2 sdm gula
9. 1 buah jeruk nipis  
10. Minyak goreng untuk menumis
Cara Memasak:
1. Ikan dilumuri dengan air perasan jeruk nipis dan garam, diamkan sejenak sambil kita menyiapkan bumbunya, lalu goreng sampai matang
2. Haluskan bawang putih dengan cabai dan garam
3. Tumis bawang bombai dan bumbu halus sampai wangi, masukkan tomat blender, didihkan 
4. Masukkan wortel, didihkan lagi, tambahkan gula lalu cicipi rasanya, tambahkan gula  dan garam bila perlu  
5. Masukkan larutan maizena, aduk cepat perlahan, diamkan sejenak sampai mendidih dan meletup letup. Matikan kompor.
6. Cara penyajian : tata ikan diatas piring lalu siramkan saus asam manis diatasnya, beri hiasan, siap disajikan.


No comments:

Post a Comment