Tuesday 15 November 2016

Lepat Pisang Ketan


Assalamualaikum wr wb,
Makanan bercitarasa tradisional tidak lekang oleh waktu, walau sudah jarang terlihat masih ada rasa kangen untuk mencicipi makanan ini sewaktu waktu. Dulu makanan berbungkus daun pisang ini banyak dijajakan. Namanya pun bermacam macam ada yang menyebutnya lepat, pepes, darlemu dan lainnya. 
Kebetulan di rumah banyak pisang yang sudah matang, kulitnya sudah ada yang kehitaman. Anak anak di rumah sudah tidak mau lagi memakan buah pisang dalam kondisi begitu. Daripada terbuang kumanfaatkan untuk bahan pembuatan cake atau yang lainnya. 
Semua jenis pisang masak bisa dibuat makanan ini. Dulu ibu pernah membuatnya dengan pisang yang biasa dimakan segar (buah meja) atau pun pisang yang biasa dimasak dulu untuk menyantapnya. Pisang kepok, pisang ambon, pisang gedah dan pisang 40 hari bisa dibuat lepat ini. Pisang gedah itu pisang yang harganya relatif murah dan terjangkau tapi rasanya sangat manis jika sudah sangat matang, pisang inilah yang biasanya dibuat lepat ini,  bentuknya mirip dengan pisang asem. Aku menggunakan pisang 40 hari, buah pisang yang biasa dikonsumsi segar. Pisang satu ini mirip dengan pisang mas, tapi kedua ujungnya agak kehijauan, beda dengan pisang mas yang keseluruhan buahnya berwarna kuning.

Bahan :
1. 550 gr ketan putih, cuci dan tiriskan
2. 750 gr buah pisang matang yang sudah dikupas, haluskan
3. 200 gr kelapa parut
4. 1 sdt garam
5. 1 sdm gula pasir, sesuai selera karena pisang sudah manis
6. Daun pisang secukupnya untuk membungkus
Cara membuat :
1. Campur semua bahan nomor 1 sampai 5 sampai rata
2. Letakan  1 - 2 sdm adonan diatas daun pisang, gulung daun dengan adonan berada dalam gulungan daun lalu lipat ujung ujungnya ke bagian bawah, bungkus semua adonan sampai habis
3. Kukus semua bungkusan sampai matang selama 45 sampai 60 menit
4. Sajikan  jika sudah dingin.

No comments:

Post a Comment