Tuesday 15 November 2016

Stik Keju


Assalamualaikum wr wb, 
Cemilan ini kubuat beberapa hari lalu, tapi belum sempat di publish, karena banyak peristiwa demi peristiwa yang terjadi yang agak mempengaruhiku. 

Beberapa hari sebelumnya aku merasa prihatin dan juga sedih dan perasaan-perasaan lainnya bercampur aduk dalam benakku. 
Secara tak sengaja aku baca berita tentang seorang teman lama yang sedang menanjak karirnya menurut kabar terakhir yang kuterima beberapa tahun yang lalu, yang terpikir olehku pastilah sekarang karirnya makin gemilang. Sebagai seorang teman walaupun tidak begitu akrab aku turut senang jika ada temanku yang sukses dalam hidupnya. Tapi ternyata bayangannku tentangnya berbalik 180 derajat, ternyata berita yang kubaca itu menyatakan bahwa beliau sudah dipanggil tuhan lebih dari 1 tahun yang lalu. Terbayang saat masih kecil kami berlarian bermain. Tak percaya rasanya. Tapi kalau sudah kehendak tuhan mau bagaimana lagi. Kematian membuat kita lebih menyadari bahwa umur kita tidak bisa ditebak. Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak lebih mendekatkan diri kepada Illahi, menjalankan dan mematuhi semua perintahNya serta meninggalkan dan menjauhi semua laranganNya. Semoga diterima semua amal ibadahnya oleh YME dan keluarganya lebih sabar lagi. Aamin
Keesokan harinya aku menemukan blog yang mencuri  konten blogku ini. Gambar yang selalu kuberi namaku dipajang diblognya dan namaku tidak ada lagi karena sudah diedit oleh pencuri itu. Konten blog yang sudah dibuat dengan susah payah, seenaknya saja di copy paste. Sudah kutulis komen supaya sang pemilik blog lebih beretika, tapi tidak ada tanggapan sama sekali . Untuk saat ini aku belum terlalu jauh mengambil tindakan, tapi entah nanti. 
Dan selanjutnya dapat kabar tentang teman kuliahku dulu yang juga sudah meninggal beberapa bulan yang lalu, setelah berjuang menghadapi kanker payudara. Berarti saat reuni bulan depan nanti, aku tak mungkin bersua dengannya lagi. Semoga almarhumah khusnul khotimah dan mendapatkan tempat yang layak disisiNya. Aamin.

Baiklah teman kita balik lagi ke stik keju ini.
Stik keju ini rasanya gurih, bisa dijadikan penyeimbang  dari sekian banyak makanan atau snack manis yang biasanya lebih dominan. Untuk kali ini keju yang digunakan 100 gr saja dengan tepung sebanyak 500 gr. Jika ingin rasa kejunya lebih nendang bisa ditambahkan sesuai selera.



Bahan:
1. 250 gr tepung terigu serbaguna
2. 250 gr tepung tapioka
3. 100 gr keju cheddar parut
4. 1/2 sdt garam halus/secukupnya
5. 1 butir telur
6. 80 gr margarin
7. 120 ml air
8. Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
1. Campur semua bahan nomor 1 sampai 6, lalu tuangi air sedikit sedikit  sambil diaduk sampai bisa diuleni
2. Tipiskan adonan dengan mesin pembuat mi, terakhir ditipiskan pada nomor 3 (skala 1 - 6), potong adonan yang tipis tadi sepanjang 12 - 15 cm, kemudian masukkan ke pemotong bentuk kwetiau
3. Goreng sampai matang potongan adonan tadi sesegera mungkin supaya tidak lengket, bentuknya panjang dan cantik.
4. Sajikan untuk dinikmati atau disimpan dalam wadah tertutup rapat jika sudah dingin

No comments:

Post a Comment