Saturday 4 April 2015

Pempek Kapal Selam (pempek telur besar) dan Pempek Lenjer



Assalamualaikum wr wb,
Pempek kapal selam adalah pempek berisi telur dan berukuran cukup besar. Sebenarnya kemarin itu maunya cuma buat pempek lenjer, untuk camilan anak anak. Tapi ayahnya minta pempek kapal selam, jadinya ikan giling setengah kilo disulap jadi 4 pempek lenjer besar dan 2 pempek kapal selam. Saya memang biasa belanja mingguan. Minggu ini saya beli ikan giling segar 1 kilo, setengah kilo untuk dibuat pempek dan setengahnya lagi dibuat tekwan.  Jadilah jumat siang tadi, saat anak anak bobok siang saya mengolahnya. Walau belum dimakan hari ini pempek dan tekwan bisa disimpan di kulkas, daripada ikan gilingnya yang disimpan untuk dibuat nanti, bisa bisa ikan gilingnya tidak segar lagi. 
Sebenarnya pembuatan pempek sudah pernah saya posting bulan juni tahun 2009, tapi biarlah anggap saja penyempurnaan dari yang sebelumnya, untuk cuko juga sudah ada disana, cara membuatnya disini
Bahan:
1. 500 gr daging ikan giling segar
2. 500 gr sagu tani/tapioka
3. Air secukupnya
4. Garam secukupnya
5. Gula pasir 2 sdt, saya tidak pakai penyedap rasa
6. Telur ayam
7. Air mendidih yang diberi sedikit minyak goreng untuk merebus pempek
8. Minyak untuk menggoreng
9. Tepung tapioka untuk membedaki tangan
Cara membuat :
Adonan Dasar Pempek
1. Ikan giling ditakari dengan mangkuk
2. Pada wadah yang cukup besar, campur ikan giling dan air dengan perbandingan 2:1 atau 2:1,5 (itu perbandingan yang biasa saya pakai), saat ini saya pakai perbandingan yang ke-2, aduk ikan dan air dengan tangan sampai tercampur rata dan tak ada lagi daging ikan yang menggumpal
3. masukkan garam (saya pake kurleb 2 sdt), aduk merata dengan tangan, kelihatan adonannya mengental setelah diberi garam, kemudian tambahkanpula gula pasir
4. Selanjutnya masukkan sagu sedikit sedikit dan aduk merata (tidak usah banyak diuleni apalagi dibanting nanti pempeknya bisa keras),
5. Adonan dasar pempek sudah siap
Pempek Kapal Selam
1. Untuk pempek kapal selam bulatkan adonan lalu  buat lubang dengan memegang dan menekan kedua ibu jari tangan pada satu tempat sampai membentuk lubang, sambil  memutar  sehingga  bentuk  adonan seperti tabung, jika lengket bedaki tangan dengan tepung
2. Isi dengan telur dan katupkan atasnya, hati hati jangan terlalu penuh karena bila mulut  tabung terkena telur tidak bisa dikatupkan ( putih telur sebagian saya buang supaya tak terlalu penuh). Masukkan ke air mendidih  dan rebus sampai matang, tandanya pempek mengapung, untuk pempek kapal selam biarkan mengapung selama 10 menit supaya telurnya juga matang

3. Goreng pempek dengan minyak panas, atau disajikan sebagai pempek rebus
4.sajikan hangat dengan cuko

Pempek Lenjer
1. Untuk pempek lenjer bentuk adonan bulat memanjang dan rebus sampai matang
2. Potong potong pempek, bisa  langsung dihidangkan sebagai pempek rebus atau dihidangkan dengan digoreng  dahulu

No comments:

Post a Comment