Monday 19 October 2015

Dendeng Cabai Hijau


Assalamualaikum wr,
Sehabis puasa ramadhan dan idul fitri biasanya aku jadi malas makan. Bawaannya eneg melulu, apalagi melihat makanan bersantan. Aku maunya makan makanan non nasi saja. Saat main dan bermalam di rumah adik bapakku yang perempuan/ bibi, aku cuma makan kue kue dan tekwan saja. "Mungkin males makan karena bawaan puasa"Kata salah satu sepupuku mendengar jawabanku saat bertanya mengapa aku tidak makan nasi. Alhamdulillah keesokan harinya aku bersemangat makan karena ada dendeng bercampur dengan banyak cabai hijau yang ditumbuk kasar. Rupanya itu masakan iparku itu /istri adik sepupu. Aku memang melihat ia menyuruh asistennya  menumbuk cabai hijau, kupikir mau dibuat sambal cabai hijau saja.
Kejadian tersebut sudah lama terjadi belasan tahun yang lalu saat aku masih gadis. Tapi kenangan akan kelezatan dendeng berbalut cabai hijau berbumbu itu sangat berkesan sekali. Sambal cabai hijaunya sedap sekali.
Berikut ini resep dendeng cabai hijau tentunya ala aku.
Bahan dendeng:
1. 500 gr daging sapi
2. 1/ sdt merica bubuk
3. 1/2 sdt garam
4. 150 ml air
Cara membuat:
1. Rebus daging sapi dengan semua bahan selama 45 - 60 menit sampai empuk
2. iris daging setebal 1 cm  searah serat daging
3. Pukul pukul daging sampai  menipis dan melebar
4. masukkan lagi ke air perebusnya rendam selama 10 - 15 menit, lalu tiriskan, air perebus untuk merendam daging tadi jangan dibuang untuk membuat sausnya (kurang lebih 75 ml  - 100 ml)
5.Goreng daging sampai agak kering, sisihkan

Bahan saus cabai hijau:
1. 20 buah cabai hijau/sesuai selera, tumbuk kasar
2. 4 siung bawang putih, haluskan
3. 7 siung bawang merah, haluskan
4. 1 sdt garam halus
5. 1 sdm gula pasir
6. 1 buah tomat besar, haluskan
7. Minyak untuk menumis
8. 75ml -100 ml air rebusan daging
Cara membuat:
1. Tumis semua bumbu sampai harum
2. Tambahkan air rebusan daging dan gula, masak terus sampai sedikit menyusut
3. Koreksi rasa, matikan kompor
Penyajian: letakkan dendeng di piring saji lalu siramkan saus cabai hijau diatasnya

No comments:

Post a Comment