Saturday 31 December 2016

Raindrop Buah


Assalamualaikum wr wb,
Sajian ini dinamakan raindrop cake tapi bentuknya dan rasanya tidak seperti cake melainkan seperti puding karena bahan baku utamanya adalah agar agar ataupun jelly.

Versi aslinya bening saja dan rasanya tawar tanpa isi buah atau yang lainnya, disajikan dengan kedelai bubuk dan sirup kuromitsu.

Bahan:
1. 1 sachet jelly bubuk instan rasa lychee
2. 5 sdm gula pasir
3. 700 ml air
4. 1/4 sdt garam
5. Buah anggur dan biji selasih secukupnya, sesuai selera
Cara membuat:
1. Campur dan aduk bubuk jelly dan gula sampai rata, lalu tuangi air dan tambahkan garam, aduk lagi sampai rata
2. Masak campuran tadi diatas kompor sambil sesekali diaduk sampai mendidih
3. Tuang  larutan jelly tadi ke dalam cetakan sedikit dulu setelah beberapa saat/agak mengeras letakkan buah anggur (buah lain sesuai selera) diatas lapisan jelly tadi lalu pelan pelan tuang kembali larutan jelly kedalam cetakan usahakan posisi buah sesuai dengan yang kita inginkan.
4. Dinginkan sebentar lalu masukkan ke dalam lemari es sampai mengeras
5. Lepaskan dari cetakan, raindrop buah siap disajikan

Donat Pandan


Assalamualaikum wr wb,
Donat lagi, kali ini tidak ditambahkan susu kedalam adonannya tetapi santan. Proses pembuatannya sama saja dengan pembuatan donat umumnya, hanya saja ditambahkan sari pandan yang didapat dari beberapa lembar daun pandan yang dihaluskan dan diambil sarinya, bila dirasa kurang hijau bisa ditambahkan beberapa tetes pewarna hijau untuk makanan. Rasanya ada gurih santan dan tentu saja beraroma pandan.
Bahan:
1. 500 gr tepung terigu
2. 2 sdt ragi instant
3. 5 sdm gula
4. 3 sdm sari pandan
5. 70 ml santan kental
6. 2 butir telur
7. 1/2 sdt garam
8. 2 sdm minyak goreng
Cara membuat:
1. Campur semua bahan kecuali garam, bisa dengan cara membuat lubang atau kawah pada tepung terigu, lalu semua bahan kecuali garam dituangkan kedalamnya, aduk perlahan agar semua menjadi satu, lalu uleni selama kurang lebih 10 -15 menit sampai kalis dan warna hijau merata pada adonan
2. Tambahkan garam dan uleni lagi sampai garam menyatu drngan baik
3. Bulatkan adonan dan istirahatkan adonan sampai mengembang 2x lipat selama kurang lebih 30 - 60 menit
4. Kempiskan adonan dengan cara meninjunya, lalu bentuk adonan seperti gelang sampai habis
5. Istirahatkan lagi adonan berbentuk gelang tadi kurang lebih 30 menit  sampai mengembang
6. Goreng donat dalam minyak panas dengan api sedang sampai matang
7. Sajikan donat dengan toping sesuai selera

Monday 26 December 2016

Pie Susu


Assalamualaikum wr wb,
Kemarin bikin snack manis ini, dengan resep standar saja. Dari semua adonan didapat 13 buah pie susu. Kulit pie nya memang agak tebal. Jadi ketebalan kulit pie isi bisa disesuaikan dengan selera kita masing masing. Untuk vla bisa ditambahkan lagi gulanya jika masih terasa kurang manis. Tapi menurutku rasa manisnya sudah cukup.

Bahan kulit:
1. 250 gr tepung terigu
2. 100 gr margarin
3. 2 sdm gula halus
4. 1 butir telur

Bahan isi:
1. 120 ml air
2. 1 butir telur
3. 2 sdm gula pasir
4. 60 ml susu kental manis putih fullcream
5. 1/4 sdt vanili bubuk
6. Sejumput garam

Cara membuat:
1. Membuat vla untuk isi dulu, aduk rata semua bahan lalu saring, sisihkan, rasa manis sesuai selera jika dirasa kurang manis bisa ditambahkan gula lagi
2. Membuat kulit pie, aduk semua bahan kulit menggunakan spatula, lalu dilanjutkan dengan tangan sampai bisa diuleni, bulatkan adonan
3. Gilas kulit pie dengan ketebalan kira kira 0,5 cm atau sesuai selera  lalu masukkan ke cetakan pie dengan ditekan dan dirapikan dengan jari dan spatula, cetakan yang dipakai berdiameter 7 cm dan tinggi 2 cm
4. Tusuk tusuk dasar kulit pie dengan garpu lalu isi tiap kulit pie dengan isian, jangan terlalu penuh
5. Panggang sampai matang, sesuaikan suhu oven masing masing, ovenku pada suhu 170°C selama kurang lebih 45 menit, diawal pemanggangan dengan api bawah saja, beberapa menit terakhir dengan api atas bawah supaya bagian atas kulit pie agak kecoklatan

Sunday 25 December 2016

Puding Susu Gula Merah



Assalamualaikum wr wb, 
Alhamdulillah, tak terasa sekarang ini sudah di bulan desember, di penghujung tahun 2016. Beberapa hari lagi kita semua akan berada di tahun 2017. Liburan sekolah di penghujung tahun ini tinggal seminggu lagi. Kedua anakku yang paling besar sekarang masih berada di rumah neneknya, ibuku. 
Sebenarnya lokasi rumah ibuku tidak begitu jauh dari rumah kediaman kami karena masih di kota yang sama. Cuma.... ada cumanya nih... rumah ibu berada di tengah kota, sedangkan rumah kami di pinggiran kota. Suami tidak libur panjang, karena selasa nanti sudah harus masuk kerja lagi. Jadi untuk mengisi waktu luang, sesekali kami jalan jalan  ke pusat perbelanjaan atau pun tempat tempat bermain anak untuk menghibur seorang anakku yang masih balita dan kakaknya yang tidak ikut ke rumah neneknya.
Okelah, kita tinggalkan dulu cerita tentang liburan keluarga kami. Kali ini aku postkan puding susu gula merah. Ceritanya dalam rangka edisi memanfaatkan susu uht. Kedua anakku yang kecil memang minum susu uht, biasanya sih minum kemasan kecil, tapi bila kehabisan stok maka dibelikan susu uht kemasan 1 liter, kemarin saat beli susu kemasan kecil, susu yang kemasan 1 liter tidak mereka toleh lagi, padahal baru diminum sedikit. Berikut ini bahan dan proses pembuatannya.

Bahan:
1. 850 ml susu uht coklat
2. 1 bungkus agar-agar plain
3. 100 gr gula merah
4. 220 ml santan kental
5. 100 ml air
6. 1/4 sdt garam
7. 1 lembar daun pandan

Cara membuat:
1. Rebus gula merah dengan air  dan daun pandan sampai mendidih dan gulanya larut, saring, sisihkan
2. Pada panci,  campur semua bahan, tambahkan air gula merah, aduk rata
3. Letakkan panci diatas kompor, lalu masak campuran semua bahan tadi sambil sesekali diaduk aduk sampai mendidih beberapa saat, matikan kompor.
4. Tuang larutan agar-agar tadi pada loyang yang sudah dibasahi air matang, biarkan mengeras dan simpan di lemari es
5. Potong potong dan sajikan,  dingin lebih nikmat