Thursday 16 June 2016

Bolu Kojo


Assalamualaikum wr wb,
Bolu kojo atau kue kojo ini adalah kesukaan keluarga.  Membuatnya cukup mudah dengan mencampur semua bahan jadi satu. Dulu sering bikin kue ini dipanggang dengan cara dilapis, atau bila sedang malas dipanggang menggunakan teknik 'au bin marie' seperti saat bikin  bolu kojo labu kuning . Sekarang ini dipanggang menggunakan baking pan dengan api sedang.
Bolu kojo versi original ini biasanya berwarna hijau. Untuk air pandan dibuat dari seikat daun pandan yang diblender dengan segelas air. Air pandan tadi diletakkan di kulkas dan didiamkan beberapa saat sampai warna hijau mengendap di dasar gelas (daun pandan kublender pagi hari dan warna hijau mengendap sore harinya). Buang bagian atas yang bening kehijauan, dan sisihkan endapannya untuk bahan bolu kojo ini.



Santan yang digunakan sebaiknya dimasak atau di didihkan dulu dengan sedikit garam supaya kue nya tidak mudah basi. Tapi jangan lupa santannya didinginkan dulu, sebelum dicampur dengan bahan lain.

Bahan:
1. 6 butir telur
2. 4 gelas santan kental
3. 4 gelas tepung terigu
4. 1/3 gelas air pandan
5. 2 sdm margarin, dicairkan
6. 2 gelas gula pasir
7. 1 sdt garam
8. Beberapa tetes pewarna hijau (jika suka)
Cara membuat:
1. Aduk telur dan gula sampai bercampur dan gula larut, tidak perlu mengembang
2. Tambahkan margarin cair, garam dan terigu sedikit sedikit dan diaduk sampai rata
3. Tambahkan santan, air pandan dan beberapa tetes pewarna hijau ( jika suka) sesuai dengan warna hijau yang diinginkan
4. Tuang adonan ke loyang yang sudah diolesi margarin dan ditaburi sedikit tepung terigu
5. Panggang sampai matang, lakukan tes tusuk jika lidi yang ditusukkan ke bolu kering dan tidak ada yang lengket berarti sudah matang

No comments:

Post a Comment